Menjaga Kesehatan Saat Hamil

menjaga kesehatan saat hamil

Ketika mendengar kabar bahwa Anda hamil, pasti rasanya sangat menyenangkan apalagi jika si buah hati sudah ditunggu-tunggu kehadirannya. Namun, terkadang perasaan senang ini juga bersamaan dengan perasaan was-was karena takut melakukan sesuatu yang membahayakan perkembangan si janin.

Berikut adalah tips bagaimana menjaga kesehatan wanita hamil

asam folat saat hamil

Cukupi kebutuhan Asam Folat

Asam Folat berperan dalam melindungi janin dari risiko kelainan otak dan sumsum tulang belakang. Mum membutuhkan Asam Folat sebanyak 400 mcg setiap harinya. Sumber makanan yang mengandung Asam Folat adalah bayam, asparagus, brokoli, serta buah jeruk.

Jaga asupan makan

Janin di dalam kandungan memperoleh asupan nutrisi makanan yang dikonsumsi ibunya. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Jika tidak, janin berisiko mengalami gangguan pertumbuhan, mengganggu proses kelancaran kehamilan dan mengganggu kesehatan ibu sendiri.

Menghindari rokok & minuman beralkohol

Salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan keguguran, bayi terlahir prematur, dan plasenta bermasalah adalah rokok. Beberapa penelitian bahkan mengaitkan rokok dengan kondisi bibir sumbing. Hindari juga minuman beralkohol karena dapat meningkatkan risiko berat bayi lahir rendah, gangguan tumbuh kembang, serta menjadi hiperaktif.

minum air putih saat hamil

Perbanyak minum air putih

Semenjak kehamilan, Anda akan mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti sembelit. Solusi untuk mengatasi ini Anda harus banyak minum air putih minimal 8 gelas sehari. Minum air putih secara cukup dapat membuat tubuh tetap terhidrasi. Jangan sampai mama mengalami dehidrasi, karena kondisi ini bisa memicu kontraksi otot rahim dan berpotensi menyebabkan bayi lahir prematur.

batasi kopi saat hamil

Membatasi konsumsi kafein

Batasi asupan kafein untuk menghindari risiko keguguran dan masalah lain dalam menjaga kehamilan Anda.Selain itu, hindari kegiatan atau hobi yang membuat ibu hamil menggunakan zat kimia seperti cairan pembersih, pestisida, atau yang mengandung logam berat.

Kehamilan muda merupakan saat yang harus memperoleh perhatian khusus. Keluhan yang timbul pada masa tersebut, harus disikapi dengan tepat demi menjaga kehamilan tetap sehat. Konsultasikan segera pada bidan atau dokter, jika timbul tanda-tanda bahaya selama masa kehamilan.