Tips Puasa Untuk Penderita Maag

Tips Puasa Untuk Penderita Maag

Bulan suci Ramadan sudah tiba dan umat Islam di seluruh dunia akan melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh. Puasa baik di bulan Ramadan atau bukan, menjadi tantangan tersendiri bagi saudara kita yang menderita maag akut dan asam lambung.

Dengan menahan haus dan lapar seharian, mereka tentu khawatir dengan kesehatan yang tentu sangat penting. Puasa sendiri sebenarnya dianjurkan dan sangat baik untuk kesehatan. Selama kamu tahu beberapa tips yang kami share berikut, maka puasa tentu akan lebih mudah dijalankan selama bulan Ramadan.

Atur waktu sahur dan berbuka yang tepat dan konsisten

Dengan sahur dan berbuka puasa di waktu yang konsisten dan ditentukan, maka tubuh tidak akan mudah “kaget” dengan perubahan gaya hidup selama sebulan. Ini juga akan membantu tubuh untuk beradaptasi dengan pola makan yang berubah.

Tips Puasa Untuk Penderita Maag

Perhatikan jenis makanan dan minuman yang kamu konsumsi

Jenis makanan dan minuman yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka akan menentukan energi yang kamu dapatkan saat seharian berpuasa. Konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti oat yang lambat untuk dicerna tubuh sehingga kamu tidak mudah lapar saat beraktivitas seharian. Makanan berprotein dan serat tinggi seperti kacang juga sangat dianjurkan.

Hindari minuman manis saat berbuka dan fokus pada konsumsi air mineral yang cukup saat berbuka dan sahur. Dehidrasi tentu menjadi tantangan utama bagi yang berpuasa. Selain kadar cairan dalam tubuh, hindari juga makanan berminyak atau gorengan yang bisa mengganggu pencernaan kamu saat berpuasa. Bagi kamu penderita maag dan asam lambung, minumlah segelas susu saat sahur karena dapat mengurangi gejala maag dan ulkus peptik.

Beberapa hal lebih detail yang sebaiknya kamu hindari saat berpuasa:

  • Cokelat dan buah-buahan yang mengandung asam seperti jeruk, lemon, tomat dan lainnya.
  • Langsung tidur setelah makan sahur atau makan malam, karena hal ini dapat meningkatkan risiko asam lambung naik atau GERD.
  • Langsung makan dalam porsi besar saat berbuka atau sahur, dan jangan menunda berbuka.
  • Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, soda dan minuman energi.
  • Obat-obatan yang dapat mengiritasi lambung, seperti obat anti nyeri non-steroid.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu untuk melalui masa puasa terutama kalian yang sering terserang maag atau asam lambung.