Antivirus Android: Apakah Wajib Dipasang?

Dengan total lebih dari 2,3 miliar pengguna aktif, smartphone dengan sistem operasi Android berhasil menguasai lebih dari 75 persen pangsa pasar smartphone di dunia. Selayaknya sistem operasi yang ditujukan untuk komputer desktop, kepopuleran Android tentu mengundang resiko tersendiri yang datang dari virus yang terus mencari celah ke smartphone para penggunanya. Bagaimana tidak, di zaman perkembangan teknologi seperti sekarang, smartphone dan tablet telah banyak menggantikan peran komputer dalam berbagai jenis pekerjaan digital.

Berita tentang virus Android sempat beberapa kali terdengar di media massa. Berita ini tentu dijadikan dasar oleh para pengguna smartphone Android untuk mencari dan memasang aplikasi antivirus. Namun, apakah antivirus tersebut adalah aplikasi yang harus kamu pasang? Jangan lupa bahwa aplikasi antivirus membutuhkan resource smartphone yang tidak sedikit dan tentu menguras konsumsi baterai yang berharga tersebut. Belum lagi, notifikasi yang menyebalkan kerap mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebelum kita bahas lebih jauh, satu hal yang perlu kamu ketahui adalah virus Android benar-benar ada. Namun, dalam banyak kasus, antivirus Android sebenarnya tidak kamu perlukan. Malah, kamu harus lebih khawatir pada maling smartphone daripada virus yang kecil kemungkinannya untuk menjangkiti smartphone kesayanganmu. Virus Android banyak bersembunyi pada aplikasi tidak yang jelas yang meragukan, khususnya aplikasi yang tidak kamu install melalui Google Play Store resmi. Android secara standar tidak membolehkan kamu untuk memasang aplikasi yang berasa dari sumber lain.

Google sendiri sangat serius dalam menanggulangi masalah aplikasi bermasalah tersebut. Google biasa sangat sigap dan cepat dalam menurunkan aplikasi yang dirasa tidak memenuhi kriteria dan berbahaya bagi para pengguna Android. Namun, lagi-lagi sebagai pengguna kamu harus berhati-hati karena biasanya aplikasi tersebut akan muncul dengan nama dan bentuk yang lain.

Apabila kamu sering memasang aplikasi diluar yang tersedia melalui Google Play Store, memasang antivirus mungkin akan membuat hidup kamu lebih tenang. Salah satu antivirus Android yang cukup terkenal adalah Bitdefender. Antivirus tentu tidak selamanya sempurna. Deteksi yang keliru pasti akan terjadi, jadi lebih baik mencegah daripada mengobati dengan berhati-hati saat memasang aplikasi Android. Hindari aplikasi yang datang dari sumber lain selain Google Play Store akan menurunkan resiko smartphone Android kamu dari virus.