Cara Diet Aman Tanpa Membahayakan Tubuh

Cara Diet Aman Tanpa Membahayakan Tubuh

Punya badan yang ideal adalah impian semua orang tanpa terkecuali.

Banyak yang melakukan diet extreme untuk mendapatkan badan yang ideal dengan waktu sesingkat-singkatnya. Hal ini tentulah berbahaya dan dapat mengganggu kesehatan tubuh dan jiwa Anda.

Kali ini kami punya beberapa tips diet yang aman tanpa membahayakan tubuh Anda.

Pilih Makanan yang Tepat

Pilih Makanan yang Tepat

Cara yang pertama adalah dengan memilih makanan yang tepat untuk Anda konsumsi sehari-hari. Hindari makanan berlemak dan mengandung gula tinggi. Makanan dengan gula tinggi memiliki nilai kalori yang tinggi pula untuk tubuh Anda. Hindari juga makanan cepat saji, makanan dalam kemasan dan gorengan karena makanan seperti itu tidak memiliki kriteria makanan sehat. Sebaliknya, perbanyak konsumsi sayur dan buah karena mengandung serat dan vitamin yang baik untuk tubuh Anda.

Mengatur Porsi Makanan

Setelah Anda tahu makanan apa yang tepat untuk tubuh Anda. Anda juga wajib mengatur porsi makanan Anda. Jika menerapkan diet yang sehat, dalam satu kali makan Anda harus menyeimbangkan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, yaitu memiliki karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Itu berarti dalam satu kali makan, Anda wajib mengkonsumsi makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur, dan buah sebagai selingan.

Kurangi Gula atau Mengganti Gula Dengan Pemanis yang Lebih Sehat

Kurangi Gula atau Mengganti Gula Dengan Pemanis yang Lebih Sehat

Hal ini merupakan salah satu cara ampuh untuk menurunkan berat badan Anda.  Ingat, gula dan makanan manis adalah makanan penyebab berat badan berlebih, dan tentu saja buruk bagi kadar gula darah Anda. Mulai sekarang, Anda sebaiknya mengganti gula dengan pemanis yang memiliki kalori lebih rendah. Kini sudah banyak pemanis buatan di pasaran yang memiliki kalori yang rendah, aman bagi kadar gula darah, dan tak bikin timbangan berat badan melonjak.

Berolahraga Dengan Teratur

Olahraga adalah cara diet sehat alami yang paling mudah untuk Anda lakukan. Pasalnya, tubuh Anda perlu mengeluarkan dan membakar kalori-kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalau bukan dengan olahraga rutin, dengan cara apa lagi tumpukan kalori (yang berbentuk lemak) itu bisa dihilangkan? Jadi, mulailah membiasakan diri untuk olahraga secara rutin setiap hari, sedikitnya 30 menit. Nah, untuk memulainya, Anda bisa kok berjalan-jalan santai atau jogging selama 30 menit di area rumah.

Tidur yang Cukup

Selain berolahraga, tidur pun merupakan cara diet sehat yang alami. Tubuh memang membutuhkan olahraga, tapi jangan lupa untuk memulihkan tenaga kembali dengan tidur yang cukup. Banyak penelitian yang menyebutkan kebiasaan kurang tidur dapat menimbulkan banyak kerugian untuk tubuh kita, risiko diabetes misalnya. Hal ini tentu bisa menjadi penghambat metabolisme tubuh untuk tidak maksimal. Agar tubuh kamu mendapatkan regenerasi maksimal, kamu harus tidur yang cukup, misalnya 6 hingga 8 jam sehari. Dengan begitu, metabolisme kamu akan ikut diperbaiki dan siap untuk menyambut berat badan ideal.